Laman

Senin, 09 April 2012

Proposal Pengajuan Riset


I.          Latar Belakang Penelitian

Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai organisasi di dunia kini memanfaatkan penggunaan berbagai perangkat sebagai sarana dalam menunjang kegiatan operasional.

Di antara perubahan-perubahan yang signifikan dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) pada tahun-tahun terakhir ini adalah penggunaan komputer untuk akhirnya berkembang dengan apa yang disebut sebagai human resource information system (HRISs) atau sistem informasi Sumber Daya Manusia (SDM). Karena dengan meningkatnya kebutuhan untuk menyimpan data personalia serta berbagai kebijakan yang menyertainya, Human Resources Information System (HRISs) menjadi bagian integral dari sistem informasi manajemen secara keseluruhan.

Berbagai survei menunjukan bahwa akhir-akhir ini memang telah banyak organisasi yang menggunakan HRISs sebagai pendukung Manajemen Sumber Daya Manusia. Survei tersebut menunjukan fakta bahwa sejumlah organisasi bersekala besar serta organisasi pemerintahan dibanyak negara telah mengimplementasikan HRISs.

Adapun bagi Human Resources Development (HRD), keberadaan Human Resources Information System ini akan lebih mempermudah dalam mengelola dan menjalankan sistem administrasi Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari perekrutan dan penerimaan, pendidikan  dan pelatihan, manajemen data sampai dengan pemberhentian, dan administrasi tunjangan seperti pemberian bonus sampai penggajian.



II.    Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:

1.      Bagaimana proses penggajian karyawan pada Divisi Human Resources Development (HRD) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

2.      Bagaimana Implikasi sistem penggajian dengan menggunakan aplikasi dari Human Resources Information System (HRISs) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

3.      Bagaimana pengaruh dari sistem penggajian dengan menggunakan aplikasi Human Resources Information System (HRISs) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.



III.             Tujuan Penelitian

       Adapun tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah:

1.      Mengetahui bagaimana proses penggajian di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

2.      Mengetahui bagaimana implikasi penggajian dengan menggunakan aplikasi Human Resources Information System (HRISs) pada Divisi Human Resources Development (HRD) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

3.      Mengetahui pengaruh dari sistem penggajian dengan menggunakan aplikasi Human Resources Information System (HRISs) pada Divisi Human Resources Development (HRD) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.





IV.             Kerangka Pemikiran

A.          Manfaat dari Human Resources Information System

Rivai (2005:530) Menjelaskan manfaat-manfaat khusus dari sistem Informasi Sumber Daya Manusia antara lain:

1. Memeriksa kapabilitas-kapabilitas karyawan-karyawan saat ini guna mengisi kekosongan yang diproyeksikan didalam perusahaan;

2. Meyoroti posisi-posisi yang para pemegang jabatanya diperkirakan akan dipromosikan, akan   pensiun, atau akan diberhentikan;

3. Menggambarkan pekerjaan-pekerjaan yang spesifik atau kelas-kelas pekerjaan yang mempunyai tingkat perputaran, pemecatan ketidakhadiran, kinerja dan masalah yang tinggi yang melebihi kadar normal;

4.  Mempelajari komposisi usia, suku, dan jenis kelamin dari berbagai pekerjaan dan pekerjaan guna memastikan apakah semua itu sesuai sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

5. Mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan pengembangan dalam rangka memastikan penempatan yang tepat waktu karyawan-karyawan bermutu ke lowongan-lowongan pekerjaan;

6. Perencaan sumber daya manusia untuk mengantisipasi pergantuan-pergantian dan promosi-promosi;

7. Laporan-laporan kompensasi untuk memperoleh informasi-informasi yang menyangkut seberapa besar setiap karyawan dibayar, biaya-biaya, kompensasi keseluruhan, dan biaya-biaya finansial dari setiap kenaikan-kenaikan gaji dan perubahan kompensasi;

8.  Riset Sumber Daya Manusia untuk melaksanakan penelitian dalam permasalahan, seperti perputaran karyawan dan ketidakhadiran, atau menemukan tempat yang paling produktif guna mencapai calon-calon baru;

9. Penilaian kebutuhan pelatihan untuk menganalisis kenerja individu dan  menentukan karyawan-karyawan mana yang memerlukan pelatihan lebih lanjut.





B.     Sumber-sumber Informasi Sumber Daya Manusia.

Menurut Rivai (2005:535) bahwa sumber-sumber informasi ketika mengumpulkan informasi bagi keperluan sistem informasi SDM diantaranya adalah:

1. Borang Lamaran, Informasi ini mencakup tingkat pendidikan, keahlian, dan data biografis lainya yang relevan.

2. Evaluasi-evaluasi kinerja, yaitu informasi penting yang harus diinformasikan secara periodik meliputi keahlian-keahlian dan bakat karyawan, tingkat kinerja saat ini, dan potensi pertumbuhanya.

3. Maklumat perubahan personalia, yaitu terdapat informasi perubahan yang terjadi  dalam status karyawan, seperti transfer, pemberhentian, promosi, dan peningkatan persyaratan pekerjaan.

      4. Tindakan-tindakan indispliner, yaitu informasi yang berkaitan dengan tindakan indisipliner formal juga perlu dimasukan dalam sistem informasi SDM.

5. Data Daftar Gaji, yaitu informasi yang dapat menjadi bagian dari data yang disediakan melalui formulir evaluasi kinerja.



V.  Hipotesis

      Dari teori tentang Manfaat penggunan Human Resources Information System (HRISs), jelas bahwa salah satu dampaknya adalah pada sistem pembayaran kompensasi, baik yang menyangkut seberapa besar setiap karyawan dibayar, biaya-biaya, kompensasi keseluruhan, dan biaya-biaya finansial dari setiap kenaikan-kenaikan gaji dan perubahan kompensasi.

Dalam sistem penggajian karyawan dengan memakai sistem manual tentulah akan sangat menyita waktu, tenaga juga uang, tapi dengan keberadaan HRISs tersebut, tentulah sistem penggajian tidak lagi menjadi sebuah kegiatan yang akan menghabiskan waktu banyak, ini akan terlihat dari sistem yang telah di atur dalam HRISs tersebut, untuk kemudian sistem akan berjalan dengan sendirinya, yang nantinya akan berdampak pada Efesiensi dalam memproses pembayaran kompensasi pada bagian Human Resources Development (HRD) PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.



VI.       Metode dan Jenis Penelitian

A.          Observasi

Teknik pencarian data dengan cara melakukan pengamatan langsung ke PT. Indosat Mega Media (IM2), yang bertujuan agar bisa mendapatkan data yang akurat serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.







B.           Wawancara

Teknik pencarian data dengan cara melakukan wawancara langsung kepada pihak terkait yang mengetahui dan bisa memberikan informasi tentang Human Resources Information System di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

VII.       Data yang diperlukan

     Dalam kegiatan penelitian ini, peneliti membutuhkan beberapa hal sebagai berikut:

A.             Proses Wawancara:

1.      Seperti apa sistem penggajian Karyawan PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

2.      Bagaimana proses penggajian dengan memakai aplikasi Human Resources Information System (HRISs) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

3.      Seperti apa korelasi dari absensi karyawan terhadap penggajian dengan menggunakan Human Resources Information System (HRISs) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

4.      Sejauh mana Diferensiasi antara penggajian dengan menggunakan Sistem Manual dengan menggunakan aplikasi Human Resources Information System (HRISs) pada bagian Human Resources Development (HRD) di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta.

B.     Data dan Dokumentasi

1.      Contoh data penggajian karyawan (Data boleh disamarkan) dengan menggunakan sistem manual, dan contoh data penggajian karyawan setelah memakai aplikasi Human Resources Information System (HRISs) dengan data boleh disamarkan.

2.      Laporan Kehadiran Karyawan (Data boleh disamarkan)



VIII.       Waktu Pelaksanaan

Sehubungan pembatasan waktu penelitian di tempat perkuliahan, yang akan digunakan dalam penyusunan tugas akhir di PT. Indosat Mega Media (IM2) Jakarta,  maka sangat diharapkan bahwa peneliti diberikan waktu selama bulan April 2012 Adapun waktu pelaksanaan yang diharapkan peneliti adalah hari Selasa, Rabu, Kamis, atau Jum’at pada jam yang disesuaikan dari pihak narasumber.









Jakarta, 09 April 2012









Ekky Nurzakiyya

Peneliti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Apa Komentar mu???