Halaman

Selasa, 20 Maret 2012

Contoh Prosposal Riset


“PANDANGAN AKADEMIS TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA FRANCHISE  MASA KINI”

I.LATAR BELAKANG

Franchise dipopulerkan dinegara Amerika Serikat pada tahun 60-70an, dimana Franchise sendiri bermakna kebebasan(Freedom).Menurut(sumber: http://www.waralaba.com/franchisebasic.php?page_mode=detail&id=4) “ diIndonesia  kata Franchise sama artinya dengan waralaba.memiliki arti lebih untung”. Pertumbuhan  Franchise berawal dari masuknya waralaba asisten pada tahun 80-90an. Dengan berdirinya KFC,burger king, 711,Circle K.

Pada tahun 1992, diIndonesia terdapat 29franchise yang berasal dari luar negeri, 6 lokal, sekitar 300 outlet. Pad tahun 1997, jumlah franchisor meningkat hingga 265 franchise, 235 internasional dan 30 lokal. Jumlah kesuluruhannya 2000.Bisnis waralaba kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangannya yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat kegagalan yang rendah.Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang telah teruji.





































II.RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan Latar belakang masalah diatas , maka perumusan masalahnya adalah:

1.     bagaimana perkembangan bisnis waralaba diIndonesia?

2.     Bagaimana cara untuk memulai suatu usaha waralaba?

3.     Perbedaan dari Waralaba dalam bisnis retail Circle K.

III.TUJUAN PENELITIAN

1.     Dari sisi penulis kami ingin lebih memahami tentang seluk beluk franchise itu sendiri dan bagaimana persaingan diantara franchisor khususnya dalam bidang retail.

2.     Membantu Audience(teman-teman kami yang lain) untuk lebih memahami mengenai bisnis franchise.

3.     Bagi penulis sebagai sarana dalam menerapkan disiplin ilmu Pengetahuan Bisnis,yang diperoleh dari penelitian ini

4.     Bagi sesama rekan Mahasiswa,dalam rangka memperkaya khasanah perbendaharaan Ilmu Pengetahuan Bisnis,Jurusan Manajemen Administrasi.

5.     Guna memenuhi salah satu satu syarat untuk memperoleh nilai dalam tugas matakuliah Pengetahuan Bisnis.

IV.Pemecahan masalah

Franhise berdasarkan teori,Menurut (sumber : international Frachise Association www.Franchise.org), Franchise atau Waralaba pada hakekatnya memiliki 3 elemen berikut:

1.     Merk

2.     Sistem Bisnis

3.     Biaya(Fees)

Di Indonesia, sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu franchisee tidak sekedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya[11] . Agar waralaba dapat berkembang dengan pesat, maka persyaratan utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat baik bagi franchisor maupun franchisee. Karenanya, kita dapat melihat bahwa di negara yang memiliki kepastian hukum yang jelas, waralaba berkembang pesat, misalnya di AS dan Jepang. Tonggak kepastian hukum akan format waralaba di Indonesia dimulai pada tanggal 18 Juni 1997, yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 16 Tahun 1997 tentang Waralaba. PP No. 16 tahun 1997 tentang waralaba ini telah dicabut dan diganti dengan PP no 42 tahun 2007 tentang Waralaba. Selanjutnya k Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 259/MPP/KEP/7/1997 Tanggal 30 Juli 1997 tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralabraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba

  • Undang-undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten.
  • Undang-undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek.
  • Undang-undang No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.





V.MANFAAT PENELITIAN

Penelitian ini diharapkan  akan member manfaat bagi peneliti serta objek penelitianya itu sendiri(CIRCLE-K),Kegiatan penelitian ini merupakan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu sambil menambah pengetahuan.

Manfaat lain dari penelitian ini adalah berupa tindak lanjut dari hasil yang diperoleh yaitu berupa presentasi.

VI.PELAKSANAAN

a.Waktu:                              

                19-28  April 2010

b.Tempat

                PT.CIRCLEKA UTAMA INDONESIA                                                                                                                                                                 Jl.Raya Jatinegara Barat  No.124 Jakarta Timur 13320

























VII.DAFTAR PERTANYAAN PENELITIAN

1.     Sejarah berdirinya CIRCLE-K?

2.     Cara mempromosikan produk?

3.     Prosedur pengrekrutan karyawan?

4.     Permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis?

5.     Visi dan Misi Perusahaan?

6.     Prosedur bagi hasil?

7.     Keunggulan perusahaan CIRCLE-K dengan perusahaan lainya?

8.     Sumber modal?

9.     Jenis barang yang dipasarkan?

10.   Prosedur pendirian menjadi Franchise?

11.   Ruang lingkup kegiatan usaha?

12.   Kondisi Internal perusahaan?

13.   Kekuatan perushaan?

14.   Kelemahan perusahaan?

15.   Kondisi External peruahaan?

16.   Pemilihan partner bisnis untuk menjalin kerjasama?

17.   Penetapan job description?

18.   Strategi penawaran dan penjualan produk?

19.   Prosedur penghitungan dan penetapan anggaran program?

20.   Penetapan media penawaran dan penjualan yang efektif?

21.   Prosedur penetapan soft copy program:

a.Advertisement sales (Membuat iklan penjualan:Koran,majalah,TV)

b.Promotion dan branding event(sponsorship,pameran)

22.   Pelaksanaan program evaluating market  positioning

23.   Rencana jangka panjang dan jangka pendek  perusahaan?

24.   Motto perusahaan?

25.   Cara pembagian royalty antara frenchesor dengan frencheceese?

26.   Berapa cabang Circle k  di seluruh Indonesia?

27.   Tindakan yang dilakukan apabila barang tidak habis terjual ?

28.   Pengadaaan rapat para  pimpinan?

29.   Penghargaan apa yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang berprestasi?

30.   Tanggapan masyarakat terhadap keberadaan  Circle k?

31.   Berapa persen pajak pertahun?

32.   Perjanjian kontrak antara frenchsor dengan frenchesee?

33.   Penyortiran barang dilakukan oleh siapa?

34.   Keuntungan yang diperoleh Circle k dari kegiatan ini?







CATATAN TAMBAHAN :

1.Permohonan surat bukti riset dari perusahaan

2.Beberapa dokumentasi berupa Fhoto  Toko Circle K



/
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa Komentar mu???